Kebiasaan yang Menjadi Kunci Membangun Hubungan Baik di Tempat Kerja

Orang mungkin sangat brilian dan berbakat, hanya sedikit dari kita yang bekerja dalam ruang hampa; Oleh karena itu, kemampuan kita untuk mengembangkan hubungan dengan orang lain menentukan seberapa sukses kita di tempat kerja dan hubungan kita.

Orang tidak terlahir dengan kemampuan alami untuk mengembangkan dan membangun hubungan baik dengan orang lain. Ini adalah keterampilan seperti hal lain yang dapat dipelajari dan dikuasai jika seseorang mengenali kebutuhan dan membutuhkan waktu dan usaha untuk mengembangkannya.

Kita semua bisa menjadi pembangun hubungan yang lebih baik dengan membersihkan pikiran kita dan mempraktikkan beberapa tindakan dasar yang diperlukan:

  1. Menjadi pendengar yang baik

Setiap orang memiliki keinginan dasar untuk didengar dan dimengerti. Sayangnya hanya sedikit dari kita yang diajari bagaimana menjadi pendengar yang hebat. Kebanyakan orang terlalu sibuk memikirkan apa yang ingin mereka katakan di samping benar-benar mendengarkan apa yang orang lain katakan.

Bila Anda memperhatikan diri Anda melakukan hal ini, ambil napas dan perbaiki pola Anda dengan mendengarkan dengan baik. Kami secara alami terikat dengan orang-orang yang benar-benar mendengarkan, mendengar kami, dan kami ingin menghabiskan waktu bersama.

  1. Bertanya pertanyaan yang tepat

Cara terbaik untuk memberi tahu orang bahwa kita mendengarnya adalah memastikan bahwa pertama-tama kita mengerti apa yang mereka katakan. Untuk melakukan ini kita menggali lebih dalam dan mengajukan pertanyaan.

Kami mengulangi kembali kepada mereka apa yang mereka katakan dengan kata-kata kami sendiri untuk memastikan apa yang kami dengar masuk akal bagi kami. Salah satu cara yang mungkin untuk mewujudkannya adalah dengan mengatakan, “Apa yang saya dengar Anda katakan adalah. . . ”

Ketika orang lain merasa bahwa kita melakukan usaha yang tulus untuk memahaminya, mereka cenderung membuka diri dan berbagi lebih banyak dengan kita. Ini memperdalam hubungan dan menempatkan kita dalam kategori orang yang ingin mereka cari dan bicarakan.

  1. Perhatikan orang tersebut

Kita cenderung mengingat dan menghargai orang-orang yang bertanya kepada kita apakah semuanya baik-baik saja, bahkan jika kita belum mengatakan kepada mereka bahwa ada sesuatu yang salah. Ini memberitahu kita bahwa mereka memperhatikan kita, dan kita semua menginginkan itu.

Saat seseorang berbicara, fokuskan tidak hanya pada nada kata-kata mereka, tapi juga ekspresi wajah dan bahasa tubuh mereka. Perhatikan saat kata-kata seseorang tidak sesuai dengan ekspresi wajah atau bahasa tubuh mereka. Ini akan membuka pintu untuk melakukan percakapan yang lebih dalam dan lebih bermakna yang akan mengarah pada kepercayaan dan koneksi yang lebih kuat.

  1. Ingat hal yang penting untuk orang lain

Tidak ada suara yang lebih indah di telinga kita daripada suara nama kita sendiri. Mengingat nama orang adalah langkah awal untuk membangun hubungan, dan mengingat aspek penting lainnya tentang mereka melanjutkan proses pembangunan. Mereka akan memberi tahu kita apa yang penting dalam hidup mereka, yang perlu kita lakukan hanyalah mendengarkan dan memperhatikan.

Ketika mereka berbicara tentang anggota keluarga, sebuah acara, atau hobi dan wajah mereka menyala, ingatlah fakta ini, karena ini penting bagi mereka. Kita tidak perlu mengingat semua hal tentang mereka, hanya fokus pada nama mereka dan satu informasi penting.

Beberapa orang yang dikenal karena membangun hubungan menyimpan sejumlah kecil informasi penting tentang orang-orang penting dalam kehidupan mereka sehingga mereka memiliki catatan tertulis yang harus diacu agar fakta-fakta tetap akurat.

  1. Konsisten dan mengendalikan emosi

Orang yang suasana hatinya berubah dari panas menjadi dingin memiliki waktu yang sulit untuk menciptakan hubungan yang berarti. Terlepas dari bagaimana perasaan kita, kita perlu untuk sementara menyingkirkan perasaan tersebut untuk sepenuhnya mendengarkan dan melibatkan orang lain yang penting dalam kehidupan kita.

Jika kita mengalami masa dimana kita mengalami emosi kuat yang membuat kita tidak hadir sepenuhnya dengan orang lain, sebaiknya kita tidak tahu apa yang sedang terjadi bagi kita daripada berpura-pura mendengarkan. Mereka akan menghargai kejujuran dan keterbukaan kita.

  1. Terbuka di waktu yang tepat

Kita semua mengenal orang-orang yang menceritakan keseluruhan kisah hidup kita dalam lima menit pertama pertemuan dengan kita, sama sekali tidak menyadari fakta bahwa kita mungkin sama sekali tidak tertarik untuk mendengarnya.

Untuk membangun hubungan yang kuat kita harus mampu menyesuaikan diri dan berbagi kapan hal itu sesuai dan pada tingkat yang sesuai dengan kedalaman hubungan.

Pembangun hubungan yang baik menunjukkan bahwa mereka saling berbagi perasaan dengan mencerminkan emosi orang yang berbicara. Berbagi kegembiraan, sukacita, duka, frustrasi, dan kekecewaan membantu menghubungkan kita dengan orang lain.

Bila mungkin bagikan situasi dari pengalaman Anda sendiri untuk menunjukkan bahwa Anda dapat berhubungan dengan pengalaman orang lain, namun tidak akan pernah membayangi atau bersaing dengan pengalaman mereka. Hal ini membutuhkan empati dan kepekaan terhadap perasaan mereka.

  1. Jadilah percaya diri, dermawan, terpercaya, positif, dan ceria

Orang-orang yang membangun hubungan hebat merasa baik tentang siapa mereka dan selalu mencari yang positif di dunia mereka. Mereka benar-benar menginginkan yang terbaik untuk orang lain dan ingin melihat mereka sukses.

Energi orang-orang yang merasa nyaman dengan kulit mereka sendiri, optimis, dan positif menciptakan atmosfir di mana kita merasa baik, ingin berada di sekitar, dan ingin menghabiskan waktu bersama mereka. Mereka tidak bergosip tentang orang lain dan menyimpan apa yang kita katakan kepada mereka dengan percaya diri.

Menjadi percaya diri, mereka tidak merasa perlu menarik perhatian pada diri mereka sendiri. Mereka selalu punya waktu untuk orang penting lainnya dalam hidup mereka. Mereka adalah pembelajar seumur hidup yang selalu terbuka dan mencari peluang untuk perbaikan diri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *